Saturday 8 August 2009

Rahasia Menjadi Kaya Investasi Obligasi Negara Ritel (ORI)

Hari masih pagi ketika telepon berdering. “Pagi pak…” suara teman itu menyapa dengan agak terburu-buru. “Begini pak.. saya mau nanya dikit ke bapak nih… sorry ya pak pagi-pagi udah mengganggu…”. “Ya silahkan pak...” timpal saya. “Begini pak, saya dari kemarin-kemarin pingin banget mau nyoba belajar berinvestasi di obligasi pemerintah ORI006 itu pak, tapi terus terang saya bingung karena banyak teman saya yang berkomentar negatif tentang ORI tersebut. "Apakah bapak bisa bantu memberi pencerahan mengenai ORI ini…?” Demikian permintaan teman saya itu.
“Memang teman bapak ngomong apa tentang ORI?” balik saya tanya. Dia jawab “Ya macam-macam pak, ada yang bilang ORI itu bunganya tidak menarik, tidak bisa dijual kembali dan sebagainya”.

Semenjak Pemerintah mengumumkan akan menjual ORI seri ke enam ini, banyak teman kantor dan client menelepon saya untuk meminta pencerahan mengenai ORI.
Pengalaman diskusi pencerahan tersebut ingin saya sharing-kan disini supaya bisa bermanfaat bagi anda semua yang siapa tahu juga membutuhkan pencerahan mengenai ORI dan bagaimana kita memanfaatkan ORI dalam perencanaan keuangan keluarga.

Sebenarnya apakah ORI itu? ORI adalah surat hutang Pemerintah Indonesia (dengan landasan hukum UU No.24 Tahun 2002) yang dijual kepada masyarakat luas dengan tujuan untuk membantu keuangan APBN 2009 serta untuk mengembangkan pasar Surat Utang Negara melalui diversifikasi sumber pembiayaan dan perluasan basis investor (sumber: keterangan pers Departemen Keuangan). Jadi dengan anda membeli ORI, sebenarnya anda memberikan pinjaman kepada Pemerintah. Atas pinjaman tersebut, Pemerintah akan memberikan balas jasa berupa kupon obligasi atau bisa disebut bunga dengan besaran tertentu secara tetap hingga jatuh tempo. Untuk ORI 006, kupon dibayarkan setiap bulan selama masa efektif ORI 006.

Istilah Ritel memang ditujukan supaya investor ORI ini dapat berasal dari masyarakat luas. ORI bisa dibeli dengan jumlah minimal Rp 5 juta, jauh lebih kecil dibandingkan dengan minimal jumlah pembelian SUN yaitu sekitar Rp 1 milyar. Kupon atau bunga ORI bersifat tetap sampai jatuh tempo. Mengenai informasi lainnya anda bisa lihat di keterangan pers Departemen Keuangan.

ORI 006 memberikan kupon 9,35% per tahun. Pajak atas penghasilan bunga obligasi ini sebesar 15%. Sementara pajak atas penghasilan bunga deposito sebesar 20%.
Mengapa banyak orang mengeluh bunga ORI 006 ini kurang menarik?
Kebanyakan orang menginginkan kuponnya harusnya sekitar 10% atau lebih besar lagi.
Dari sudut pandang saya, kebanyakan orang melakukan pembandingan kupon ORI dengan sesuatu yang tidak sebanding.
Semisal ada pihak yang membandingkan kupon ORI ini dengan bunga deposito bank BPR atau bank kecil lain yang mampu memberikan bunga deposito jauh lebih tinggi dibandingkan dengan bunga penjaminan LPS. Ada juga pihak yang membandingkan kupon ORI ini dengan tingkat pengembalian reksadana pendapatan tetap atau bahkan reksadana saham.
Semua pembandingan itu jelas tidak tepat dari sisi basis risiko.
Salah satu logika dasar investasi adalah high risk = high return. Jika sebuah investasi mengandung risiko besar seharusnya diikuti dengan potensi keuntungan yang besar pula. Deposito di BPR memiliki potensi risiko yang jauh lebih besar dibandingkan dengan investasi di ORI, otomatis bunga BPR juga akan lebih besar dibandingkan dengan kupon ORI yang diterbitkan oleh pemerintah. Begitu juga reksadana saham memiliki potensi risiko lebih tinggi dibandingkan dengan ORI.

Dalam memutuskan besaran kupon ORI 006 sebesar 9,35%, menurut saya Pemerintah sudah sangat bijaksana, yaitu tidak jauh berbeda dengan Yield To Maturity Surat Utang Negara (SUN) dengan jangka waktu 3 tahun, yang saat artikel ini ditulis yield kurang lebih sebesar 8,48%. Jadi kalau anda membeli ORI 006 di harga Par (100%) nanti, maka anda mendapatkan yield sebesar 9,35% (sebelum pajak), lebih tinggi 0,87% atau 87 basis point dari SUN 3 tahun.
Yield ORI 006 mendekati Yield SUN dengan jangka waktu 6-7 tahun, jadi sebenarnya Yield ORI 006 sangat menarik dibandingkan dengan latar belakang penjelasan dan pembandingan yang saya sampaikan tersebut. Saya perkirakan bahwa pada saat ORI 006 ini masuk ke pasar sekunder, maka harganya akan naik di atas par (100%). harga perkiraan di Bloomberg sudah menunjukkan hal ini, yaitu sekitar 100,126% (lihat tabel harga ORI di tabel pertama di atas). Jadi buat anda sebagai investor ORI 006 yang masuk di pasar primer sudah pasti akan untung dari sisi kenaikkan harga ORI 006. Mantab tenan.

Salah satu client menanyakan bagaimana prospek perkembangan harga ORI mendatang?
Pertanyaan yang bagus…. Dan sekaligus butuh jawaban yang panjang …..hehehehe..
Untuk menjawab secara singkat atas pertanyaan mengenai prospek perkembangan harga ORI, kita harus mengetahui prediksi perkembangan tingkat bunga di masa yang akan datang. Jika tingkat bunga cenderung menurun, maka harga ORI akan naik. Dan sebaliknya, jika bunga akan naik, maka harga ORI akan turun. Saya akan coba bikin tulisan terpisah mengenai hal tersebut.

Yang sangat menarik adalah pertanyaan dari salah satu client yang menanyakan apa benar kita akan mendapatkan Yield sebesar 9,35% jika membeli ORI006 saat ini. Saya jawab Yield sebesar 9,35% tersebut merupakan promised yield, atau yield yang didapat investor jika memenuhi asumsi-asumsi tertentu, salah satunya ORI dipegang sampai dengan jatuh tempo. Sudah pasti investor akan mendapatkan Yield kurang dari 9,35% karena adanya faktor pajak sebesar 15% dan yang paling penting adalah Faktor X. Apa itu Faktor X? apakah ada hubungan dengan X-files? Hehehehe enggak lah… yang jelas X ini ilmiah banget kok. Bisa dibuktikan secara logika biasa atau menggunakan matematika keuangan yang lebih rumit.

Kebanyakan investor tidak tahu apa Faktor X ini dan bagaimana menjadikan faktor X ini menjadi faktor yang justru dapat menaikkan Yield menjadi lebih tinggi dari 9,35%.
Maaf, di tulisan ini saya tidak dapat menjelaskan faktor X tersebut dan bagaimana strategi memainkan faktor X supaya bisa menaikkan Yield investasi anda. Kenapa? Saya kawatir Faktor X ini bisa dibajak oleh para free-rider dunia gelap internet…. Hehehehe.. maaf ya.

Jika anda benar2 serius berinvestasi di ORI untuk masa depan keluarga anda dan ingin mengetahui bagaimana strategi suksesnya….. saya siap membantu anda dengan konsultasi melalui telepon atau e-mail. Saya juga akan memberitahu anda bagaimana memanfaatkan ORI ini menjadi investasi yang sama dengan Reksadana Terproteksi yang banyak dijual oleh Manajer Investasi Top seperti Danareksa, Schroder, Manulife dan sebagainya. Jadi anda akan mengetahui rahasia bagaimana para Manajer Investasi terkenal tsb membuat Reksadana Terproteksi yang dapat anda praktekkan sendiri.

Berapa biayanya? Tergantung dari seberapa besar nilai tambah atau manfaat konsultasi saya terhadap pengetahuan dan portofolio investasi anda dan keluarga. Kepuasan anda yang saya utamakan. Kalau konsultasi saya tidak akan berguna ya gak usah bayar ….hehehe…. Enak to?.. mantab to.? Yang jelas, biaya konsultasi tersebut akan terbayar sendirinya dengan hasil investasi anda yang lebih menguntungkan setelah mengetahui Faktor X tersebut.

Silahkan kirim permintaan konsultasi serta pertanyaan anda melalui email ke keloladana at gmail dot com
Salam investasi


2 comments:

pakde said...

Mantab, tajam terpercaya, bisa dipahami. keren
Bobotnya luar biasa nih bro. salam saya

Kelola Dana said...

Terima kasih pakde atas kunjuangannya.
mudah-mudahan bermanfaat.
salam

Related Posts with Thumbnails