Saturday 10 April 2010

Siapa saya ?

Banyak teman saya memanggil saya Aji.

Terus terang saya bukan seorang ahli perencanaan keuangan seperti Pak Safir Senduk atau Ibu Ligwina Hananto atau ahli-ahli ilmu keuangan lainnya. Saya hanya orang biasa saja yang kebetulan mempunyai sedikit pengalaman di bidang pasar keuangan dan mempunyai passion untuk belajar dan berbagi mengenai berbagai hal yang berhubungan erat dengan perencanaan keuangan dan investasi. Saya yakin ilmu pasar keuangan yang saya miliki dapat dikombinasikan dengan ilmu pengelolaan keuangan pribadi sehingga ilmu pengelolaan keuangan pribadi menjadi lebih komplit.

Keinginan saya membuat blog ini sih sederhana saja, yaitu belajar dan berbagi ilmu mengenai pengelolaan keuangan pribadi ke semua orang yang ingin belajar bersama. Jika banyak orang tahu bagaimana mengelola keuangan pribadi secara benar, saya yakin masa depan orang tersebut akan jauh lebih baik. Dan yang lebih penting tidak perlu korupsi untuk bisa hidup lebih dari cukup.


Kalau anda tidak keberatan, saya ingin cerita sedikit tentang perjalanan pengalaman menimba ilmu di sekolah dan di pekerjaan sebagai berikut : saya dilahirkan di sebuah kota di Jawa Tengah dan sempat belajar di sebuah kota yang nyaman di sebelah selatan Jawa. Setelah menamatkan pendidikan sarjana, saya beruntung diterima di sebuah perusahaan pembiayaan keuangan yang sebagian besar sahamnya dimiliki oleh pihak asing. Terus terang saya tidak betah kerja di lembaga asing tersebut. Lagi-lagi saya merasa beruntung dapat diterima di sebuah lembaga yang lebih besar dan keren, namun lagi-lagi lembaga tersebut bergerak di bidang keuangan. Tampaknya perjalanan hidup saya tidak bisa jauh-jauh dari bidang keuangan. Di lembaga keuangan terakhir itu, saya diberi pelatihan untuk menjadi dealer di pasar FOREX (Foreign Exchange) dan Surat-surat Berharga Internasional, seperti US Treasury, Japanese Bond dan lain sebagainya. Setelah bekerja menjadi dealer selama 7 tahun, saya kembali beruntung diberi kesempatan untuk belajar setingkat S2 di negara Inggris. Tadinya saya mau belajar yang tidak ada hubungannya dengan uang, namun apa boleh dikata, ternyata saya diharuskan belajar mengenai investasi.... oalah.. kok ya belajar tentang uang lagi..uang lagi....

Ternyata kuliah S2 di Inggris susahnya minta ampun... Sudah bahasa inggris saya pas-pasan, eh banyak dosen yang kalau mengajar menggunakan bahasa inggris ningrat.... yang saya enggak ngerti babar blas... Alhasil saya harus pasang strategi untuk bisa bertahan dan berhasil. Alhamdulillah, berkat dorongan sang istri tercinta dan kerja keras, saya bisa lulus dan menggondol gelar MSc. Saya sendiri sampai sekarang ini masih merasa surprise kok ya bisa lulus ...hehehehe.

Habis pulang dari Inggris, saya ditugaskan di kantor perwakilan lembaga keuangan tersebut yang berada di kota New York, USA. Saya dipercaya untuk mengelola sejumlah dana yang cukup besar. Syukur saya bisa mengelola dengan baik sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang besarnya jauh melebihi target. Selama saya di New York, saya banyak belajar mengenai bagaimana “memutar” uang, termasuk didalamnya saya banyak belajar mengenai saham dan obligasi. Dari pengalaman di New York ini saya dapat memahami bagaimana orang kaya akan semakin tambah kaya dan ternyata ekonomi dunia yang berjalan dengan fondasi ekonomi pasar akan cenderung untuk mengalami ketidakseimbangan yang lebih disebabkan oleh faktor fear & greed.

Setelah ditempatkan di NY selama 3,5 tahun, saya balik lagi ke Jakarta dan sampai sekarang diberi tugas yang lebih banyak berhubungan dengan moneter dan manajemen nilai tukar.

Kayaknya saya terlalu panjang bercerita ya? Mudah2an anda gak jadi bosan. Oke deh, sekian dulu cerita tentang saya.

Akhir kata, saya mengharapkan bahwa semoga blog Kelola Dana ini dapat memberikan manfaat bagi anda. Mudah2an anda juga mau bagi-bagi cerita dan ilmunya ya… silahkan mengirimkan via email atau memberikan komentar anda.

Salam,
aji



No comments:

Related Posts with Thumbnails