Tuesday 13 April 2010

Apa bedanya Reksadana dan Danareksa ?

Suatu ketika, ada teman datang ke meja kerja saya dan mengajak diskusi mengenai investasi. Dia banyak bicara mengenai buku2 investasi yang dia sudah baca.

Pada saat dia cerita banyak mengenai isi buku2 investasi, ada satu hal menarik yang saya tangkap dari beberapa penggalan omongannya dia, yaitu dia beberapa kali bicara “....saya kepingin investasi di danareksa yang ditawarkan oleh salah satu bank pemerintah...”.

Penggalan lainnya “....menurut kamu, baiknya saya ngambil danareksa yang mana ya?...”.


Pada saat mendengar itu sebenarnya saya pingin ketawa ngakak...wakakakaka... Namun pada saat yang sama, saya ingat bahwa saya pernah mengalaminya sendiri. Saya pernah kebolak-balik menggunakan istilah danareksa dan reksadana....hehehe..

Setelah dia menyelesaikan ceritanya, saya ingin mengetahui apakah teman saya itu hanya salah ucap atau memang belum mengetahui tentang perbedaan antara danareksa dengan reksadana.

Saya tanya dia “... lo tahu gak bedanya danareksa dan reksadana?”.

Teman saya jawab “eh...emang ada beda ya?... reksadana dengan danareksa ya..?”.

Ternyata dia memang masih bingung tentang 2 istilah tersebut.
Memang banyak orang gampang salah mengambil kata tersebut karena antara reksadana dan danareksa kelihatannya sama, cuma dibolak-balik ada antara reksa dan dana.

Sebenarnya 2 istilah itu memang 2 hal yang berbeda namun punya keterkaitan satu sama lainnya.

Menurut Eko Priyo Pratomo dan Ubaidillah Nugraha yang menulis buku Reksadana Solusi Perencanaan Invetasi di Era Modern, yang dimaksud Reksadana adalah wadah sekaligus wahana atau kendaraan investasi bagi masyarakat yang ingin berinvestasi pada instrumen investasi seperti saham, obligasi dan bahkan juga berinvestasi ke dalam deposito (halaman xxiii).



Sedangkan Danareksa adalah sebuah lembaga keuangan bukan bank yang dimiliki oleh Pemerintah Indonesia yang bergerak dalam bidang manajemen investasi. Salah satu bisnis dari Danareksa ini adalah sebagai manajer investasi yang mengelola dan menjual berbagai macam reksadana.



Jadi setelah anda membaca artikel ini, setidaknya anda sudah mengenal sedikit mengenai beda antara reksadana dan danareksa. Semisal ada teman atau rekan kerja anda ngobrol masalah investasi, coba perhatikan apakah teman anda tersebut sudah menggunakan kata reksadana dan danareksa dengan tepat.... hehehehe..

2 comments:

M Mursyid PW said...

Wah saya juga jadi tahu beda reksadana dn danareksa dari mbaca posting ini. Thanks.

Aji said...

Terima kasih sudah mampir ke blog ini Pak Mursyid.
Saya juga senang kalau blog ini dapat bermanfaat buat bapak.
Salam,
aji

Related Posts with Thumbnails