Sunday 11 April 2010

Belajar menulis

Sebenarnya saya paling tidak suka menulis, tapi beberapa bulan terakhir ini dari sisi pekerjaan sehari-hari, saya dituntut untuk banyak menulis. Rasanya memang berat untuk menulis. Jujur saja, saya mengacungkan jempol dan apresiasi tinggi buat penulis buku, artikel di koran atau majalah, atau penulis di blog yang bisa menghasilkan tulisan yang mengalir enak untuk dibaca.

Photobucket

Bulan lalu, saya sempat mengikuti kursus menulis selama 2 hari di Bandung. Di kursus itu, saya banyak menimba ilmu dari beberapa penulis fiksi dan penulis artikel yang bisa mengirimkan artikelnya ke koran ternama.



Satu pernyataan tentang menulis yang sampai sekarang melekat di benak saya adalah menulis itu sama dengan bercerita. Di salah satu sesi kursus itu diperlihatkan bagaimana salah satu peserta disuruh maju untuk bercerita secara lisan mengenai kota Bandung. Ternyata dia dapat bercerita dengan lancar sampai 20 menit tanpa jeda. Namun pada saat peserta tersebut disuruh menuangkan cerita tadi ke dalam bentuk tulisan, ternyata peserta tersebut membutuhkan waktu lebih dari 2 jam untuk menulis. Ya memang menulis membutuhkan latihan, latihan dan latihan.

Kembali ke tulisan di pekerjaan saya tadi, beberapa kali saya sempat mengalami stres berat ketika batas waktu semakin mendekat namun tulisan saya belum selesai juga. Rasanya kok ada sesuatu yang menghalangi aliran informasi dari otak ke keyboard komputer ataupun ke secarik kertas.

Pernah ada teman kantor yang menyarankan saya mencari suasana yang berbeda bila mengalami kebuntuan saat menulis. Ya mungkin saran tadi bagus untuk dicoba, tapi apa iya hal itu bisa saya lakukan kalau saya sudah ada di kantor? Apalagi kota Jakarta muacetnya pol. Apa bisa cari tempat yang enak di sekitar Jakarta untuk menulis? Kok kayaknya gak ada ya? Pernah saya coba pas istirahat makan siang, saya makan siang di café di sebuah mal dekat kantor. Boro2 mau nulis, lha ramenya minta ampun. Berisik banget.

Dua minggu lalu, bos saya bilang “Lo kalau mau bisa nulis bagus, coba deh bikin blog dan elo nulis apa aja di blog itu.. mau bagus atau jelek gak apa-apa. Yang penting elo nulis dulu.” Saya jadi ingat bahwa saya pernah bikin blog mengenai personal finance.. ya, blog ini yang bernama Kelola Dana, tapi sudah lama banget tidak saya update. Dari omongan bos saya itu, saya mulai mencoba menulis di blog ini. Mudah-mudahan saja semangat latihan menulis ini tidak meredup lagi…hehehe..

Untuk dapat meningkatkan ilmu menulis ini, saya mohon kepada bapak, ibu, mbak, mas, adik yang sempat mampir di blog ini… tolong dong share pengalaman anda latihan menulis… terima kasih banyak sebelumnya.

No comments:

Related Posts with Thumbnails