Saturday 7 July 2012

Apa itu indeks saham Bursa Efek Indonesia?

Di berita koran atau televisi, sering kali anda mendengar indeks saham naik atau indeks saham turun. Sebenarnya apakah indeks saham itu?

Indeks saham adalah sebuah angka yang didapat dari rata-rata tertimbang dari seluruh harga saham yang diperjual-belikan di Bursa Efek Indonesia (BEI).
Indeks saham digunakan untuk mempermudah mengkomunikasikan kondisi pasar saham secara umum kepada para pelaku pasar atau masyarakat luas.

Bayangkan kalau tidak ada angka indeks, maka akan sulit mengkomunikasikan kondisi pasar saham yang memperjual-belikan ratusan saham perusahaan publik (di BEI ada sekitar 444 perusahaan publik).

Anda sebagai investor saham juga akan terbantu banyak dengan adanya indeks saham ini. Salah satunya adalah untuk mengetahui perusahaan publik mana saja yang sahamnya mendominasi angka indeks saham.

Perusahaan publik yang mempunyai bobot besar dalam indeks bisa dibilang merupakan perusahaan Blue Chips.
Sebelum anda membeli saham perusahaan tertentu, coba lihat bobot saham perusahaan tersebut di indeks. Kalau bobotnya cukup besar, misalnya sekitar 5%, maka bisa dibilang perusahaan itu cukup bonafide. Tapi kalau bobotnya hanya sekitar 0,001% maka bisa dibilang saham perusahaan tersebut termasuk yang sering di"goreng" oleh pelaku pasar saham.

Anda dapat mendownload informasi bobot saham 444 perusahaan yang melantai di bursa efek Indonesia di link ini jci.xls (format excel).
Jika anda kesulitan melakukan download, tinggal kontak saya melalui email, akan saya kirimkan segera kepada anda.



Semoga bermanfaat.

No comments:

Related Posts with Thumbnails