Monday 2 July 2012

Sepakbola dan Saham

Di koran Kontan edisi Senin 2 Juli 2012, terdapat artikel menarik mengenai investasi saham yang ditulis oleh Lukas Setia Atmaja. Kalau melihat judul artikel “Pegang Spanyol atau Italia”, tampaknya beliau ini seorang pakar saham yang juga penggemar berat sepakbola, khususnya sepakbola Eropa.


Dalam tulisan dimaksud, beliau dengan cerdas menganalogikan proses menebak tim sepakbola mana yang akan menjadi juara Piala Eropa 2012 sama dengan proses investasi saham.
 Dalam artikel tersebut disampaikan beberapa konsep dasar seperti “know what you buy” dan “ buy what you know”, tipe-tipe saham yang mempunyai perilaku hampir sama dengan perilaku tim-tim sepakbola Eropa. Misalnya tim Spanyol dianalogikan sebagai saham bluechip, yaitu saham yang memimpin pasar dengan brand yang kuat. Tim sepakbola Spanyol ini dapat disamakan dengan saham ASII, BMRI, BBCA, SMGR, GGRM. Di sisi lain tim Belanda dianalogikan sebagai saham yang mengecewakan investor. Harapan besar, hasil kurang. Saham BUMI dijadikan contoh dalam hal ini.

Silahkan membaca, semoga bermanfaat.

Untuk memperbesar, klik pada gambar.


No comments:

Related Posts with Thumbnails